Thursday 29 December 2016

Power Nap : Tidur Sebentar Yang Sangat Bermanfaat

Manfaat dan Cara Melakukan Power Nap
Power Nap : Tidur Sebentar Yang Sangat Bermanfaat - Ketemu lagi dengan Mas Hyda yang kali ini akan berbagi tentang Power Nap yang mungkin belum banyak diketahui. Power Nap atau dalam istilah Tidur singkat bertenaga adalah tidur dalam waktu singkat dengan memutus tidur sebelum masuk ke dalam fase tidur lelap atau Slow-wave sleep (SWS) yang bertujuan untuk memulihkan kesegaran tubuh dalam waktu singkat. Istilah ini diperkenalkan oleh James Maas seorang Psikolog sosial dari Cornel University.

Tidur dengan durasi sebentar selama kurang dari 30 menit -meski sesingkat 6 hingga 10 menit- dianggap mampu mengembalikan kesadaran, meningkatkan performa dan kemampuan belajar seseorang. Penelitian dari University of Düsseldorf menemukan bahwa seseorang yang telah tidur selama 6 menit saja dapat mengembalikan kemampuan memori daya ingat yang begitu besar, hal ini menunjukan bahwa permulaan tidur akan menginisiasi dan memicu proses konsolidasi daya ingat secara aktif, proses konsolidasi tersebut tetap berjalan efektif meskipun tidur kemudian dihentikan secara mendadak.

Mengapa Mas Hyda tertarik membahas Power Nap ini ?

Sedikit bercerita, aktifitas Mas Hyda sehari-hari adalah sebagai karyawan di salah satu perusahaan telekomunikasi. Sebagai karyawan di perusahaan yang bisa dibilang “Pelayan Masyarakat” maka perusahaan tempat Mas Hyda bekerja menerapkan system kerja Shifting untuk operasional 24 Jam. Sehingga mau tidak mau ada kalanya dan bahkan sering kali Mas Hyda kebagian shift malam hingga pagi hari. Untuk yang biasa melakukan shift semacam itu atau setidaknya  pernah begadang hingga pagi pasti merasakan pusing ketika menjelang matahari terbit. Efek terlalu lelah menyebabkan hal yang demikian bahkan hingga halusinasi jika kondisi tubuh dalam keadaan tidak fit.

Untuk mensiasati hal tersebut, Mas Hyda menerapkan Power Nap ditengah-tengah jam kerja untuk mengontrol tubuh agar tidak terganggu saat menjalankan tugas kerja. Biasanya Mas Hyda menyempatkan waktu setelah jam 3 pagi selama 10-30 menit untuk melakukan Power Nap dan bangun saat adzan subuh berkumandang.

Untuk melakukan Power Nap ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

1. Cari lokasi yang bagus.
Langkah paling pertama adalah menemukan lokasi yang tepat agar bisa melakukan Power Nap ini tanpa terganggu ataupun mengganggu orang lain.

2. Pilihlah ruangan yang gelap.
Ruangan yang gelap akan membuat matamu lebih rileks dan memudahkan kamu untuk cepat tertidur. Bila tidak bisa menemukan ruangan yang gelap, Mas Hyda biasa menggunakan topi atau jaket untuk menutupi mata.

3. Bila perlu, putar musik relaksasi.
Dengan musik relaksasi, kamu akan lebih cepat tertidur. Pakai earphone agar tidak mengganggu orang lain di sekitar kita.

4. Tentukan berapa lama tidur.
Ini hal yang cukup krusial dalam power nap, karena pada umumnya power nap hanya dilakukan dalam rentang waktu 10 menit hingga 30 menit saja. Seperti yang Mas Hyda bilang sebelumnya, biasanya menyempatkan melakukan Power Nap 10-30 menit. Karena jika lebih dari itu, otomatis otak akan mengenali bahwa tubuh siap untuk tidur penuh dan saat bangun malah akan menyebabkan pusing dan kepala berat.

5. Minum caffeine sesaat sebelum Power Nap.
Mungkin terdengar berlawanan, tapi sebenarnya ini adalah sebuah trik yang direkomendasikan oleh para ahli. Sekedar informasi, caffeine memerlukan waktu untuk diserap oleh tubuh, pada umumnya antara 30-45 menit. Jadi bila kita meminum caffeine sesaat sebelum melakukan Power Nap, maka saat bangun kita akan merasa lebih segar karena pengaruh caffeine tersebut.

Power Nap sendiri memiliki beragam manfaat bagi diri kita, banyak hal positif yang tercipta ketika kita terbiasa melakukan Power Nap ini. Berikut Manfaat melakukan Power Nap :

Berpikir lebih kreatif
Penelitian yang pernah dilakukan oleh NASA ternyata tidur sesaat selama 30 menit dapat meningkatkan kemampuan berpikir sebanyak 40 persen. Sedangkan dengan tidur selama 20 menit saja sudah cukup membuat otak mengumpulkan kembali energi dalam memperbaiki neuron otak. Jadi dengan melakukan Power Nap ini akan meningkatkan daya berpikir kreatif sehingga akan muncullah ide-ide baru.

Mengurangi hormon stress
Stres kerap terjadi untuk mereka yang tinggal di perkotaan dengan tugas yang padat. Namun dengan Power Nap mampu membuat tubuh lebih rileks sehingga secara tidak langsung akan mengurangi tekanan yang dirasakan.

Memperbaiki mood
Ternyata anda yang kurang tidur atau kelelahan secara tidak sengaja merubah anda menjadi lebih sensitif alias gampang tersinggung. Power nap mampu mengumpulkan kembali energi positif yang akan membuat perasaan lebih tenang dan ceria.

Meningkatkan stamina
Tidur dengan waktu 20 menit juga efektif untuk memberikan energi agar tubuh berstamina dan daya tahan tubuh menjadi meningkat.

Semoga sharing Mas Hyda kali ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi di coretan-coretan selanjutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Power Nap : Tidur Sebentar Yang Sangat Bermanfaat

0 comments:

Post a Comment