Saturday 2 May 2020

Jetis, Kampung Batik Sidoarjo

Jetis, Kampung Batik Sidoarjo
Gerbang Kampung Batik Jetis Sidoarjo
Jetis, Kampung Batik Sidoarjo - Kebanyakan jalan-jalan jadi lupa-lupa ingat dengan kota sendiri. Oke, kali ini Mas Hyda akan menceritakan sedikit tentang salah satu lokasi wisata yang ada di kota tempat Mas Hyda tinggal, kota Sidoarjo.

Jetis, Kampung Batik Sidoarjo yang namanya sudah mulai di kenal di berbagai belahan dunia terutama pelaku bisnis konveksi. Jetis merupakan sentra batik khas sidoarjo dengan motif unggulan bergambar beras utah, kembang tayem, sigar tempe.

Untuk menemukan lokasi ini tidaklah sulit, anda cukup mencari lokasi Setasiun Kereta Sidoarjo Kota. Lokasi Setasiun berada di jalan Diponegoro dan merupakan One Way atau satu jalur. Sesampainya di depan setasiun, silahkan menengok tepat ke bagian depan setasiun atau sebelah timur setasiun. Di sini akan terlihat sebuah gapura besar bermotif aneka batik dan bisa di pastikan itu adalah jalan utama menuju lokasi Kampung Batik Sidoarjo.

Di sepanjang jalan utama ini akan di temui berbagai toko-toko atau outlet yang menjual berbagai perlengkapan busana muslim, kain, perlengkapan haji, dan tentunya terdapat toko-toko yang menjual berbagai macam kain batik khas sidoarjo. Tidak sulit untuk menemukan lokasi ‘Rumah Batik’, karena sebagian besar bagian depan rumah di sini terdapat tulisan “Batik Sidoarjo” yang menandakan batik-batik sidoarjo terdapat di lokasi itu. Di sini kita tidak hanya dapat membeli kain atau souvenir-souvenir berciri khas batik saja, tetapi bisa langsung belajar membuat batik atau sekedar melihat-lihat koleksi.

Jetis, Kampung Batik Sidoarjo
Batik Tulis Sidoarjo

Bagi para kolektor batik seperti Mas Hyda, lokasi ini menjadi surga dan memiliki daya tarik sendiri untuk di kunjungi.

Para pengerajin batik di sini memiliki keahliah turun-temurun dari pendahulunya dan sampai sekarang tetap di lestarikan hingga menjadi salah satu ikun kota Sidoarjo.

Sekian cerita sederhana dari kota tempat Mas Hyda tinggal. Jetis, Kampung Batik Sidoarjo.
Silahkan baca juga tulisan Mas Hyda yang lain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jetis, Kampung Batik Sidoarjo

0 comments:

Post a Comment